Senin, 13 Februari 2012

Lepaskan yang tak perlu

Dalam sebuah kisah, Ajahn Chah memungut sebuah ranting di pinggir jalan. Ia berbalik dan berkata, “Brahmavamso, apa ini berat?” Sebelum saya bisa menjawabnya, ia sudah melempar ranting itu ke semak-semak, lalu berkata, “Lihat kan? Itu hanya berat jika kita melekat padanya.” Ya, itu hanya berat ketika kita memegangnya, namun begitu kita melepasnya, tidaklah berat lagi. Sungguh mendalam, sederhana, dan tak terlupakan.
Apakah Anda kelelahan? Itu karena Anda membawa terlalu banyak hal di ransel batin Anda. Jadi, jika kita benar-benar melihat ke dalam ransel itu, apa yang bisa dibuang? Inilah cara pertama melepas, melihat apa yang bisa kita tanggalkan, apa yang bisa kita buang. Betapa menakjubkan juga ketika kita mnemukan bahwa banyak hal yang bisa kta buang tanpa ada dampak buruk yang terjadi. Jika kita membuang gubrisan kita mengenai masa lalu dan masa depan, sebenarnya tak ada yang akan jadi buruk. Itulah batu-batu pertama yang harus dikeluarkan dari ransel batin Anda.
Sebagai rangkuman, cara melepas yang pertama adalah:
  • Melepas gubrisan mengenai masa lalu dan masa depan;
  • Melepas pikiran yang suka mencari kesalah dan mengeluh;
  • Tidak banyak menyimpan pikiran, baik yang negatif, yang positif, maupun yang bodoh; menaruh hanya satu hal pada satu waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar